Home » Profile » Bolot

Bolot

, - 3.588 Views

Profile

Bolot Filmography and Profile. Check out Bolot biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Bolot lahir pada tanggal 10 Mei 1942 di Bogor, Indonesia. Ia terlahir dengan nama lengkap Muhammad Sulaeman. Nama bekennya adalah Haji Bolot. Ia dikenal dengan nama panggung Bolot karena kiprahnya sebagai pelawak yang dikenal sebagai orang yang selalu tuli dan tidak nyambung jika sedang berbicara dengan lawan bicaranya. Selain dikenal sebagai seorang pelawak, ia juga merupakan seorang pemain lenong. Dalam hal melawak, ia mempunyai pasangan atau duet dengan Malih Tong Tong.

Nama Haji Bolot mulai populer sejak ia membintangi sinetron yang berjudul Pepesan Kosong (1993). Ia berakting dalam sinetron tersebut selama dua tahu hingga tahun 1995. Karirnya di dunia seni peran semakin meningkat karena setelah Pepesan Kosong ia mendapat banyak tawaran untuk bermain dalam sinetron seperti Angkot Haji Imron, Nyai Dasima (1995), Pelangi di Rumah Susun, Neo Pepesan Kosong dan Biang Kerok (1996). Aktingnya juga diperlukan dalam sinetron Mandragade (2000). Kesibukannya di dunia seni peran terutama sinetron, tidak membuat Haji Bolot lupa dengan dunia lawak yang telah membesarkan namanya. Selain bermain sinetron, ia juga masih mempunyai kesibukan dalam sejumlah program televisi khususnya program yang bertema komedi.

Haji Bolot menikah dengan seorang wanita yang bernama Nining. Dari pernikahan tersebut keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Mulyadi. Tetapi Haji Bolot harus berduka karena istrinya, Nining meninggal dunia pada tanggal 27 Juni 2014.

Karir Haji Bolot mulai meluas di dunia hiburan dengan membintangi film. Debutnya di film layar lebar yaitu dengan bermain dalam film komedi arahan Rully Manna, Mas Suka Masukin Aja (2008) bersama sejumlah pelawak lain seperti Doyok dan Kadir. Ia juga ikut serta dalam suksesnya film Sehidup (tak) Semati (2010) yang dibintangi oleh Winky Wiryawan dan Fanny Fabriana. Selanjutnya, Haji Bolot berakting dalam film horor komedi yang berjudul Ada Apa dengan Pocong (2011). Ia juga membintangi film Pocong Minta Kawin (2011) arahan sutradara yang sama dengan film sebelumnya yaitu Chiska Doppert. Ia terlibat sebagai pemeran pendukung untuk film Dendam dari Kuburan (2012). Selanjutnya ia bermain dalam sinetron Cinta 7 Susun (2013) dan membintangi film Pocong Pasti Berlalu (2014). Ia juga aktif dalam program televisi Indonesia Lawak Klub (ILK) dan Ini Talkshow.

Aug 3, 2015 (ID: 26858) By Dewanti