Home » Profile » Deddy Mizwar

Deddy Mizwar

, - 1.219 Views

Profile

Deddy Mizwar Filmography and Profile. Check out Deddy Mizwar biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

DEDDY MIZWAR lahir pada tanggal 5 Maret 1955 di Jakarta, Indonesia. Deddy adalah satu dari enam bersaudara (sebenarnya berjumlah tujuh, tetapi yang pertama meninggal karena lahir prematur) dari pasangan H. Adrian Andres (Belanda-Betawi) dan Sun’ah (Bugis-Betawi) yang menikah pada tahun 1948. Ia sempat kuliah di LPKJ tetapi hanya bertahan dua tahun.

DEDDY MIZWAR memulai kariernya pada tahun 1976, dengan berperan dalam film layar lebar yang berjudul Cinta Abadi (1976) yang disutradarai Wahyu Sihombing, dosennya di LPKJ. Kemudian ia bermain dalam film Misteri Jaipong (1981) yang berlawanan dengan aktris, Giselawaty Wiranegara yang kemudian menjadi istrinya. Dari pernikahannya tersebut ia dikaruniai dua orang anak yaitu Senandung Nacita dan Zulfikar Rakita Dewa.

Pada tahun 1987, DEDDY MIZWAR mendapatkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Terbaik dalam ajang FFI untuk film Naga Bonar (1987) dan Pemeran Pendukung Terbaik  dalam ajang FFI untuk film Kuberikan Segalanya (1987). Pada tahun 1997, ia mendirikan rumah produksi PT Demi Gisela Citra Sinema, ia kemudian memproduksi beberapa serial sinetron dan film diantaranya, film Mata Angin, Sang Pengembara, serial sinetron Lorong Waktu, film Kiamat Sudah Dekat dan serial sinetron Para Pencarimu yang ditayangkan oleh SCTV. Selain bertindak sebagai produser, ia juga bermain dalam film tersebut, sebagai pemain utama di dalam film tersebut. Ia kemudian bermain dalam film yang berjudul “Mati Suri” dan Kiamat Sudah Dekat.

Sampai saat ini, DEDDY MIZWAR telah membintangi 73 judul film, diantaranya Arie Hangggara, Naga Bonar, Kejarlah Daku Kau Kutangkap, Opera Jakarta, Sunan Kalijaga, Syech Siti Jenar dan Kuberikan Segalanya. Ia juga telah berkali-kali meraih penghargaan Piala Citra baik sebagai pemeran utama maupun pemerran pendukung.

Pada tahun 2007, DEDDY MIZWAR memproduksi sekuel film Naga Bonar Jadi 2 yang berhasil memenangkan kategori Film Terbaik dalam ajang FFI 2008 dan ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik. Selain itu, ia juga mengembangkan kariernya di bidang politik. Pada tahun 2013, ia mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Jawa Barat 2013 bersama dengan Aher yang mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat 2013.

Director (5 Movies)

Writer (1 Movie)

Artist (15 Movies)

Jun 18, 2015 (ID: 21983) By Dewanti

Comments are closed.