Home » Profile » Djenar Maesa Ayu

Djenar Maesa Ayu

, , , - 2.184 Views

Profile

Djenar Maesa Ayu Filmography and Profile. Check out Djenar Maesa Ayu biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Djenar Maesa Ayu lahir pada tanggal 14 Januari 1973 di Jakarta Indonesia. Ia lebih akrab disapa dengan panggilan Nai. Ia adalah anak ke empat dari lima bersaudara. Orang tuanya adalah Sjuman Djaya dan Tutie Kirana. Ayahnya adalah seorang sutradara legendaris sedangkan ibunya adalah seorang artis yang terkenal di tahun 1970 an. Di Indonesia, Nai dikenal sebagai seorang penulis, aktris dan penyiar berita.

Dalam hal tulis menulis Nai sempat belajar dengan sastrawan Indonesia sekelas Seno Gumira Ajidarma dan Budi Darma. Karyanya pertamanya berupa cerpen dengan judul Lintah yang dimuat pada harian Kompas pada tahun 2002. Nama Djenar Maesa Ayu menjadi populer sejak menerbitkan buku yang berjudul Mereka Bilang Saya Monyet! Pada tahun 2002. Bukunya berhasil mendapatkan penghargaan dari Khatulistiwa Literary Awards di tahun 2003. Karyanya tersebut sempat difilmkan pada tahun 2007 dengan judul ang sama. Nai pun bertindak sebagai produser sekaligus sutradara dengan melibatkan Titi Sjuman dan Henidar Amroe sebagai pemeran utama. Film tersebut mampu mengantarkan Nai menjadi pemenang dalam FFI tahun 2009 untuk dua kategori yaitu best new director dan best adapted screenplay. Tulisan-tulisan Nai dinilai sangat fenomenal karena banyak menuai kritik. Selain Mereka Bilang Saya Monyet!, Nai juga menulis Jangan Main-Main (dengan Kelaminmu) (2004), Nayla (2005), Cerita Pendek (2006) dan 1 Perempuan 14 Laki-laki (2011).

Sejak berusia 12 tahun penulis berbakat ini sudah menikah. Nama suaminya adalah Edi Widjaya. Mereka dikaruniai dua orang anak  perempuan. Keduanya adalah Banyu Bening dan Btari Maharani. Karena perbedaan pandangan hidup, pasangan ini akhirnya memutuskan untuk bercerai setelah hidup dalam satu atap selama 14 tahun.

Mengikuti jejak sang ibu, janda dua anak ini mulai merambah ke dunia seni peran semenjak ia bermain dalam debut filmnya Cinta Setaman (2008) arahan Harry Dagoe Suharyadi. Ia juga terlibat dalam film SAIA (2009) sebagai sutradara, produser dan penulis skenario. Film lain yang melibatkan Nay sebagai pemeran adalah Melodi (2010) dan Purple Love (2011). Sejak tanggal 3 Mei 2014 Nai muncul di layar kaca sebagai pembawa acara berita bertajuk Lensa Indonesia Sore Rajawali Televisi.

Writer (2 Movies)

Director (3 Movies)

Producer (1 Movie)

Artist (7 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 22636) By Dewanti