Home » Profile » Emir Mahira

Emir Mahira

- 1.479 Views

Profile

Emir Mahira Filmography and Profile. Check out Emir Mahira biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Emir Mahira lahir pada tanggal 19 September 1997 di Jakarta, Indonesia. Nama lengkapnya adalah Emir Mahira Salim. Ia merupakan putra dari pasangan Harry Budiazhari Salim dan Trien B. Salim. Emir Mahira mengawali kariernya di dunia perfilman dengan membintangi sebuah film layar lebar yang berjudul Garuda di Dadaku (2009). Dalam film arahan sutradara Ifa Isfansyah tersebut, ia memerankan tokoh Bayu Purnomo Jati. Dalam film berdurasi 96 menit tersebut, berkisah tentang seorang anak laki-laki bernama Bayu Purnomo Jati yang berusaha mewujudkan mimpinya menjadi pemain sepak bola hebat di Indonesia. Sejak membintangi film tersebut, namanya mulai dikenal banyak orang sebagai Bayu. Setelah sukses dengan film Garuda di Dadaku (2009), di tahun berikutnya ia menerima tawaran untuk bermain dalam sebuah film musikal yang berjudul Melodi (2010). Dalam film arahan sutradara Harry Dagoe Suharyadi tersebut, ia memerankan tokoh Ruli, kakak dari Mili yang diperankan oleh Nadya Amanda. Dalam film berdurasi 95 menit tersebut berkisah tentang sebuah keluarga kecil yang terdiri dari Ruli, Mili dan ayahnya (Teuku Rifnu Wikana) yang berusaha mewujudkan mimpinya yaitu memiliki sepeda motor sendiri untuk ayahnya.

Pada tahun 2011, ia memerankan tokoh Aldo dalam sebuah film arahan sutradara Aditya Gumay, Rumah Tanpa Jendela (2011). Film tersebut merupakan film yang diadaptasi dari cerita pendek berjudul Jendela Rara yang ditulis oleh Asma Nadia. Perannya dalam film tersebut membawa namanya meraih penghargaan Piala Citra dalam ajang FFI 2011. Selain itu, Emir juga meraih penghargaan Best Performance dalam ajang The Isfahan International Film Festival of Children and Young Adults di Teheran, Iran. Di tahun yang sama, ia kembali membintangi film sekuel, Garuda di Dadaku 2 (2011). Dalam film tersebut, ia masih berperan sebagai Bayu yang sudah menjadi anggota timnas U-15. Emir juga menjajaki dunia sinetron dengan membintangi sebuah sinetron yang berjudul Bintang di Langit Eropa.

Pada tahun 2013, ia memerankan tokoh Soekarno remaja dalam film Soekarno : Indonesia Merdeka (2013).  Emir sempat bersekolah di SMP Labschool Kebayoran, Jakarta sebelum ayahnya dipindah tugaskan ke Singapura. Ia kemudian pindah ke Singapura dan bersekolah di International School of Singapore. Emir kemudian melanjutkan pendidikannya dengan bersekolah di SMA International School of Kuala Lumpur, Malaysia karena ayahnya dipindahtugaskan ke Malaysia.

Artist (4 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 22921) By Dewanti

Comments are closed.