Home » Profile » Enda

Enda

, - 1.973 Views

Profile

Enda Filmography and Profile. Check out Enda biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Enda lahir pada tanggal 4 Maret 1978 di Kudus, Indonesia. Ia terlahir dengan nama lengkap Franco Medjaya Kusuma. Ia lebih akrab disapa dengan panggilan Enda yang sekaligus menjadi nama panggungnya. Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di Universitas Sam Ratulangi, saat itu Enda mendalami bidang hukum. Dunia musik sudah sejak lama ditekuni oleh  Enda. Saat masih di bangku SD ia sudah membentuk grup musik junior.

Tahun 1998 Enda menjadi kru dari band Ungu yang tugasnya melayani lima personel band Ungu. Saat itu ia hanya mendapat gaji sebesar 13 ribu di setiap kali Ungu manggung. Seiring berjalannya waktu dengan kemahiran Enda memainkan alat musik gitar, ia bergabung menjadi personel Ungu menggantikan Ekky yang telah hengkang. Bersama Ungu, Enda telah berkali-kali merilis album dan hasilnya selaku laku di pasaran. Ungu yang merupakan band ternama di Indonesia telah tujuh kali merilis album studio yaitu Laguku (2002), Tempat Terindah (2003), Melayang (2005), Untukmu Selamanya (2007), Penguasa Hati (2009), 1000 Kisah Satu Hati (2010) dan Mozaik (2015).  Selain itu mereka juga merilis lima album religi, lima album soundtrack dan tujuh album kompilasi. Terepas dari album studio, album kompilasi dan album religi, Enda dan Ungu juga mengeluarkan beberapa single yang sekaligus menjadi soundtrack film.

Enda yang sering menjadi pencipta lagu-lagu hits Ungu ini, menikah dengan seorang wanita yang bernama Eka Wilestari. Mereka resmi tercatat sebagai suami istri sejak tanggal 17 Desember 2005. Dari pernikahan tersebut, pasangan yang berbahagia ini dikaruniai seorang anak perempuan yang lahir pada tanggal 16 Agustus 2006. Buah hati mereka diberi nama Azzahra Leola Wicuda.

Selain sukses dengan dunia musik, ia bersama bandnya, Ungu juga menjadi model iklan untuk produk Relaxa (2005), Telkomsel (2007), Garnier (2011) serta Nissan Juke (2011). Tidak hanya piawai dalam dunia musik, ia juga pernah terlibat akting untuk bermain dalam sebuah film layar lebar. Pengalamannya di dunia layar lebar adalah berakting dalam film arahan sutradara Guntur Soeharjanto, Purple Love (2011) bersama personel Ungu lainnya serta artis Nirina Zubir.

Artist (1 Movie)

Aug 3, 2015 (ID: 28331) By Dewanti