Home » Profile » Habiburrahman El Shirazy

Habiburrahman El Shirazy

, , , - 1.641 Views

Profile

Habiburrahman El Shirazy Filmography and Profile. Check out Habiburrahman El Shirazy biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Habiburrahman El Shirazy lahir pada tanggal 30 September 1976 di Semarang, Indonesia. Ia lebih akrab disapa sebagai Kang Abik. Merupakan salah satu penulis terkenal di Indonesia. Sejak MTs Kang Abik sudah mempelajari ilmu agama di pondok pesantren. Ia melanjutkan pendidikan tingginya ke Kairo yaitu di jurusan Hadist Universitas Al Azhar. Pada 2001 ia lulus postgraduate diploma di The Institute for Islamic Studies. Saat di Kairo ia sering membuat karya-karya sastra baik berupa naskah drama, puisi, cermen maupun karya terjemahan. Ia juga telah menerbitkan beberapa judul nvel yang menjadi best seller. Karya-karyanya tidak hanya dimikmati di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di luar negeri, tahun 2012 ia kembali ke Indonesia dan turut serta dalam penyusunan Kamus Populer Bahasa Arab Indonesia. Pada 2003 ia menjadi kontributor penyusunan Ensiklopedia Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Pemikirannya. Selama tahun 2003 hingga 2004 ia terjun ke dunia pendidikan dengan menjadi guru MAN 1 Yogyakarta. Pada 2004 Kang Abik memutuskan menjadi dosen Lembaga Pengajaran Bahasa Arab dan Islam Abu Bakar Ash Shiddiq UMS Surakarta.

Kang Abik akhirnya menikahi seorang wanita bernama Muyasaratun Sa’idah. Dari pernikahan tersebut mereka dikarunia dua anak laki-laki yaitu Muhammad Ziaul Kautsar dan Muhammad Neil Author.

Beberapa karya populer Kang Abik antara lain adalah Ketika Cinta Berbuah Surga (2005), Pudarnya Pesona Cleopatra (2005), Ayat-Ayat Cinta (2004), Ketika Cinta Bertastih (2007), Dalam Mihrab Cinta (2007). Ia juga sempat menjadi sutradara dalam sebuah film yang ceritanya diadopsi dari noel karyanya yaitu Dalam Mihrab Cinta.

 Selain sering memenangkan lomba baca puisi baca saat masih sekolah, Kang Abik mendapatkan Pena Award pada 2005 karena karya-karyanya yang luar biasa. Pada tahun yang sama ia juga mendapat The Most Favorite Book and Writer. Setahun kemudian memperoleh IBF Awards. Kang Abik juga dinobatkan sebagi novelis nomor satu di Indonesia versi Universitas Diponegoro. Kesibukan Kang Abik selain menciptakan karya sastra adalah mengisi acara seminar di berbagai tempat.

Writer (5 Movies)

Director (1 Movie)

Artist (1 Movie)

Jun 28, 2015 (ID: 22491) By Dewanti

Comments are closed.