Home » Profile » Ida Leman

Ida Leman

- 1.118 Views

Profile

Ida Leman Filmography and Profile. Check out Ida Leman biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Ida Leman  lahir pada tanggal 16 November 1955 di Padang, Indonesia. Nama lengkapnya adalah Hidayati Ahmad Leman. Ia lebih akrab dipanggil dengan sebutan Ida. Ia mulai aktf di industri hiburan tanah air sejak tahun 1979. Karirnya di mulai dengan membintangi film layar lebar. Debutnya di dunia film adalah dengan bermain dalam film Sakura dalam Pelukan (1979). Kemudian disusul dengan film Jangan Ambil Nyawaku (1981) dan Hati Selembut Salju (1981).

Nama Ida Leman mulai melambung setelah membintangi sinetron Losmen yang ditayangkan oleh stasiun televisi TVRI pada tahun 1980-an. Dalam sinetron ia terkenal berkat aktingnya sebagai Mbak Pur. Tak khayal, ahun 1980 an adalah tahun emas bagi Ida karena ia membintangi banyak film saat itu. Ia bermain dalam film Titian Serambut di Belah Tujuh (1982), Sejuta Surat Sutera (1982), Kupu Kupu Putih (1983), Saat-Saat yang Indah (1984), Kesan Pertama (1984), Ku Lihat Cinta di Matanya (1985), Di Balik Dinding Kelabu (1986) dan Penginapan Bu Broto (1987).

Ida menikah dengan seorang laki-laki bernama Irwinsyah yang merupakan salah satu sutradara senior TVRI dengan sejumlah karya besar. Tetapi sayangnya Ida harus menjanda setelah suami meninggal pada tahun 1992. Salah satu anak Ida adalah Mario Pratama Leman, merupakan anak laki-lakinya yang ikut terjun ke dunia hiburan. Mario dikenal sebagai seorang aktor serta musisi yang membawahi grup band Sejama Cut.

Setelah sekian tahun tidak muncul di film layar lebar, Ida kembali dalam film Tabir Biru (1993) yang juga dibintangi oleh Rhoma Irama dan Ria Irawan. Selanjutnya ia turut andil dalam suksesnya film Perempuan Berkalung Sorban (2011) arahan Hanung Bramantyo yang berhasil meraih sederet nominasi penghargaan Piala Citra. Ida juga berperan dalam film drama yang disutradarai oleh Agung Sentausa berjudul Badai di Ujung Negeri (2011) bersama Arifin Putra, Astrid Tiar dan Yama Carlos. Jarang terlihat di layar kaca maupun layar lebar, Ida didapati telah merintis sebuah usaha. Ia mempunyai sebuah butik yang khusus menjual pakaian muslim. Saat ini ia lebih memilih untuk menekuni usahanya mengingat usianya yang sudah senior.

Artist (1 Movie)

Aug 3, 2015 (ID: 26872) By Dewanti