Home » Profile » Iqbal Rais

Iqbal Rais

- 1.195 Views

Profile

Iqbal Rais Filmography and Profile. Check out Iqbal Rais biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Iqbal Rais lahir pada tanggal 21 Januari 1984 di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Pada tahun 2008, ia mengawali kariernya di dunia perfilman dengan menjadi sutradara untuk film The Tarix Jabrix (2008). Dalam film yang diproduksi oleh Starvision Plus dan Dapur Film tersebut juga dibintangi oleh grup band The Changcuters, Carissa Putri, Francine Roosenda, Ario Bayu, dan Iga Mawarni. Di tahun yang sama, ia juga menjadi sutradara untuk film Si Jago Merah (2008). Dalam film berdurasi 192 menit tersebut dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Desta, Ytonk, Judika, Poppy Sovia, Tika Putri dan Sarah Sechan.

Pada tahun 2009 bersama temannya, Chand Parwez Servia yang merupakan seorang produser, ia menyutradarai film layar lebar The Tarix Jabrix 2 (2009). Dalam film sekuel tersebut masih dibintangi oleh grup band The Changcuters, Joanna Alexandra,Ramon Y. Tungka, dan Judika. Di tahun yang sama, Iqbal juga menyutradarai sebuah film yang diproduksi oleh Rapi Films, Bukan Malin Kundang (2009). Film tersebut diproduseri oleh Gope T. Samtani dan Subagio S. serta dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Sissy Priscillia, Deddy Mahendra Desta, Aming, Joe P Project, dan Jaja Mihardja.Film tersebut berkisah tentang 3 sahabat yang mengalami lika-liku kehidupan. Pada tahun berikutnya, ia menyutradarai 3 film sekaligus yaitu film Senggol Bacok (2010), Sehidup (Tak) Semati (2010), dan 3 Pejantan Tanggung (2010).

Pada tahun 2011, namanya masih tercatat sebagai sutradara dalam film The Tarix Jabrix 3 (2011). Di tahun berikutnya, ia menyutradarai sebuah film latar lebar yang berjudul Radio Galau FM (2012). Dalam film berdurasi 90 menit tersebut berkisah tentang asam manis kehidupan seorang jomblo bernama Barra yang diperankan oleh Dimas Anggara. Film tersebut juga dibintangi oleh Natasha Rizki, Jordi Onsu, Alisia Rininta, Indri Giana, dan Joe Project Pop. Kemudian ia menyutradarai film Kata Hati (2013). Film tersebut merupakan film terakhir yang ia sutradarai karena tepat pada tanggal  22 September 2013, ia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Dokter Soetomo, Surabaya. Ia meninggal di duga karena penyakit leukemia yang dideritanya sejak tahun 2011.

Jul 25, 2015 (ID: 22695) By Dewanti

Comments are closed.