Home » Profile » Ira Maya Sopha

Ira Maya Sopha

, , - 2.809 Views

Profile

Ira Maya Sopha Filmography and Profile. Check out Ira Maya Sopha biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Ira Maya Sopha lahir pada tanggal 21 Maret 1968 di Jakarta, Indonesia. Nama lahirnya adalah Hyra Maya Sopha. Ira mengawali kariernya sejak masih kanak-kanak. Ia dikenal sebagai penyanyi cilik pada era 1980-an yang seangkatan dengan penyanyi Dina Mariana, Chicha Koeswoyo, Diana Papilaya, Ria Irawan, Adi Bing Slamet, dan Nourma Yunita. Pada tahun 1976, Ira pernah menjadi bintang iklan untuk produk mie instan, Supermi. Pada tahun 1978, Ira bermain untuk operet yang berjudul Cinderella (1978) bersama Dina Mariana. Perannya dalam operet tersebut membawa namanya semakin dikenal banyak orang.

Pada tahun berikutnya, Ira melebarkan sayapnya di dunia perfilman dengan membintangi sebuah film berjudul Ira Maya Si Anak Tiri (1979) bersama penyanyi cilik yang lain yaitu Ria Irawan, Dina Mariana, dan Tuty Kirana. Selain berakting, Ira juga mengisi soundtrack dari film tersebut, diantaranya lagu berjudul Doa, Selamat Berjumpa, Sepasang Sepatu Kaca, Putri Sepatu Kaca, Pengumuman Penting, Pesta Lajang, dan Mohon Diri. Ira juga pernah berduet bersama Penyanyi, Ade Putra dengan menyanyikan sebuah lagu ciptaan Harry Toos yang berjudul Si Jantung Hati.

Pada tahun 1980, Ira membintangi film Nakalnya Anak-Anak (1980) bersama Ryan Hidayat, Ria Irawan, dan Dina Mariana. Ira juga membintangi film Ira Maya Putri Cinderella (1981) dan film Ira Maya dan Kakek Ateng bersama Iskak dan Ateng. Ira kemudian vakum dari dunia hiburan Indonesia. Ira menikah dengan seorang pria bernama Ari Anto pada tahun 1994, namun pernikahan mereka hanya bertahan sampai usia 12 tahun. Pada tahun 2006, Ira menggugat cerai suaminya. Ira memiliki 4 anak dari pernikahannya bersama Ari Anto yaitu Callista, Devara, Kyla, dan Raffa.

Setelah cukup lama vakum dari dunia hiburan, Ira kembali berkiprah di dunia perfilman dengan membintangi sebuah film berjudul Berbagi Suami (2006) serta menjadi bintang iklan untuk produk sabun Lifebouy. Di tahun berikutnya, Ira masih disibukan dengan kegiatan aktingnya untuk film Quickie Express (2007). Pada tahun 2011, Ira menyempatkan untuk membintangi film Simfoni Luar Biasa (2011). Meskipun disibukkan dengan pekerjaannya sebagai Juri dalam acara pencarian bakat Idola Cilik (RCTI), Ira masih menyempatkan untuk bermain dalam film Mother Keder : Emakku Ajaib Bener (2012) dan Bangun Lagi Dong Lupus (2013).

Aug 3, 2015 (ID: 24642) By Dewanti

Comments are closed.