Home » Profile » Iwa K.

Iwa K.

, - 1.036 Views

Profile

Iwa K. Filmography and Profile. Check out Iwa K. biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Iwa K. lahir pada tanggal 25 Oktober 1970 di Bandung, Indonesia. Nama lengkapnya adalah Iwa Kusuma. Ia merupakan anak ke dua dari empat bersaudara. Di Indonesia ia dikenal sebagai penyanyi rapper sekaligus pelopor musik rap. Ia adalah alumni dari Universitas Parahyangan Bandung yang saat itu mengambil jurusan Hubungan Internasional. Semenjak muda, ia sudah menekuni musik rap. Hingga akhirnya ia bersama Guest Band meluncurkan album pertama yang bertajuk Ta’kan (1991). Selain itu Iwa juga membuat album duet bersama Melly Manutuhu yaitu Beatify (1991).

Setelah dua kali melibatkan musisi lain, Iwa berkarir solo dengan merilis album solo perdananya yang berjudul Kuingin Kembali (1993). Nama Iwa K mulai populer setelah ia merilis album keduanya Topeng (1994). Dengan Guest Music Production sebagai produser album ini cukup laku di pasaran dengan salah satu  hitsnya yang berjudul Bebas. Dari kerja kerasnya itu, Iwa berhasil mendapatkan penghargaan dari BASF Award untuk album R&B terbaik pada tahun 1994 dan memperoleh penghargaan platinum untuk single Bebas pada 1995. Iwa terus berkarya dengan meluncurkan albumnya yang ketiga yaitu Kramotak (1996). Dua tahun kemudian ia kembali dengan albumnya yang keempat yang berjudul Mesin Imajinasi (1998).

Penyanyi rapper ini menikah dengan Selfi Nafilah yang juga merupakan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat KDI pada tanggal 4 Mei 2007. Mereka dikarunia anak yang bernama Mikala Saka Pandhiya Hamada Kusuma. Namun keduanya resmi bercerai pada tahun 2013. Iwa memutuskan untuk menikah lagi pada tanggal 31 ei 2015 dengan seorang wanita bernama Wikan Resminingtyas.

Selain ngerap, Iwa juga melebarkan sayap untuk menjadi presenter dan bintang film. Iwa kerap kali tampil di televisi sebagai pembawa acara olah raga. Ia sempat mendapatkan penghargaan sebagai pembawa acara olah raga pria terbaik versi Panasonic Awards selama tahun 1998 sampai tahun 2000. Debutnya di dunia film adalah membintangi film Kuldesak (1998). Iwa merilis album kelima nya Vini Vidi Vunky (2002), ia bersama mantan istrinyanya membentuk grup Ying Yang dan merilis album Yang Tak Terpisahkan (2009). Ia juga membuat beberapa album kolaborasi dengan musisi Indonesia seperti It’s Time (2008). Iwa juga terlibat dalam film Tak Sempurna (2013) dan Coboy Junior The Movie (2013). Living in The Fastlane adalah albumnya yang keenam yang rilis tahun 2014.

Artist (3 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 26148) By Dewanti