Home » Profile » Jojon

Jojon

, - 1.733 Views

Profile

Jojon Filmography and Profile. Check out Jojon biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Jojon lahir pada tanggal 5 Juli 1947 di Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Nama aslinya adalah Djuhri Masdjan. Ia adalah anak terakhir dari dua bersaudara. Orang tuanya adalah Maspura Dibja dan Salmiah. Ia mempunyai kakak laki-laki yang bernama Beni Salbino. Di Indonesia ia terkenal sebagai seorang pelawak dan juga aktor.

Karir Jojon di dunia hiburan dimulai sejak tahun 1970 an. Ia menjadi terkenal setelah bergabung dengan sebuah grup lawak yaitu Jayakarta Grup. Adapun anggota daro Jayakarta Grip adalah U’u, Cahyono, Johnny, Esther, Caplin dan Jojon sendiri. Grup lawaknya terkenal dari tahun 1970 an hingga tahun 1980 an. Namun seirng berjalannya waktu, masing-masing anggota Jayakarta Grup keluar satu per satu. Kemudian Jojon memutuskan untuk bersolo karir sebagai pelawak dengan ciri khasnya yang mudah dihafal oleh masyarakat. Selain melawak ia juga melebarkan sayap ke dunia perfilman. Film pertamanya adalah Tiga Dara Mencari Cinta (1980). Ia menjadi pemeran utama bersama Inggrid Fernandez dalam film karya Tim Gemini tersebut. Selanjutnya ia membintangi Okey Boss (1981) bersama rekannya di Jayakarta Grup, U’u dan Cahyono. Ia juga menjadi aktor utama dalam film arahan Irwan Abim yang berjudul Apa Ini Apa Itu (1981). Aktingnya juga dilibatkan dalam oembuatan film Barang Antik (1983).

Jojon menikah dengan Iin Sina. Namun keduanya akhirnya memutuskan untuk bercerai. Kamudian ia kembali membangun kehidupan rumah tangga dengan Henny Mariana. Setelah menikah, Henny pun bertindak sebagai manajer Jojon. Jojon mempunyai dua orang anak yaitu Adi Jojon dan Kiki Hermawan.

Selain melawak dan membintangi film, Jojon mempunyai bakat di bidang tarik suara. Ia yang merupakan keturunan Sunda pernah merilis album beraliran pop Sunda dengan judul Pamali. Setelah sekian tahun tidak muncul di layar lebar, ia kembali muncul dalam film Vina Bilang Cinta (2005) sebagai pemeran pendukung. Jojon juga sering tamil dalam acara televisi karea kemampuan melawaknya seperti di acara Opera Van Java dan Orang Kaya Baru (OKB). Ia juga membintangi sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekkah. Film lain yang dibintanginya adalah Setannya Kok Beneran? (2008), Mau Dong Ah (2009) dan Badai di Ujung Negeri (2011).

Aug 3, 2015 (ID: 25147) By Dewanti