Home » Profile » Kadir

Kadir

, - 2.789 Views

Profile

Kadir Filmography and Profile. Check out Kadir biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Kadir lahir pada tanggal 3 September 1951 di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Nama aslinya adalah Mubarak. Ia lahir dari pasangan keturunan Jawa dan Arab. Setelah menyelesaikan pendidikannya di jenjang SMP, Kadir memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya. Saat berusia 16 tahun, ia memutuskan untuk menjadi tukang tarik layar. Kemudian ia bergabung dengan grup lawa Srimulat bersama Tessy dan Mamiek. Kadir dikenal masyarakat dengan ciri khasnya yaitu berupa cara bicaranya dengan logat Madura. Kemampuan berbahasa Madura yang dimiliki Kadir ia dapatkan karena sewaktu kecil ia tinggal di daerah Bondowoso yang bahasa daerahnya menggunakan Bahasa Madura.

Tahun 1986 kadir memutuskan untuk keluar dari grup lawak Srimulat. Ia mendirikan grup lawak baru bersama Basuki, Timbul, Nurbuat dan Rohana. Grup lawak tersebut bernama Grup Merdeka. Tetapi Grup Merdeka tidak bertahan lama di dunia hiburan. Untuk ketiga kalinya, Kadir mempunyai grup lawak baru yaitu Grup Batik bersama Basuki dan Timbul. Grup Batik yang merupakan singkatan dari nama Basuki, Timbul dan Kadir hanya berumur selama tiga tahun. Mulai tahun 1987 Kadir mulai melebarkan sayap ke dunia film dengan membintangi Cintaku di Rumah Susun (1987). Disusul dengan film Kecil Kecil Jadi Pengantin (1987). Dua tahun kemudian ia langsung bermain dalam empat judul film sekaligus yaitu Giliran Saya Mana (1989), Kanan Kiri OK (1989), Makelar Kodok (1989) dan Kanan Kiri OK II (1989).

Kadir menikah dengan seorang wanita bernama Safia Nur Lailia. Keduanya resmi menjadi suami istri sejak tahun 1989. Dari pernikahan tersebut Kadir dan Safia dikaruniai dua orang anak. Dua-duanya berjenis kelamin perempuan. Mereka adalah Silfi dan Safira.

Pada tahun 1990 Kadir kembali muncul dalam empat judul film yaitu Kanan Kiri OK III (1990), Antri Dong (1990), Ikut Ikutan (1990) dan Jangan Bilang Siapa-Siapa (1990). Selain menjadi bintang film, ia juga bermain dalam beberapa judul sinetron seperti Kanan Kiri OK, Insya Allah Ada Jalan dan Samson Dan Dahlia. Film lain yang melibatkan peran Kadir adalah Mas Suka Masukin Aja (2008), Ngebut Kawin (2010) serta Finding Srimulat (2013).

Artist (3 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 25719) By Dewanti

Comments are closed.