Home » Profile » Mamiek Prakoso

Mamiek Prakoso

, , - 1.484 Views

Profile

Mamiek Prakoso Filmography and Profile. Check out Mamiek Prakoso biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Mamiek Prakoso lahir pada tanggal 6 April 1961 di Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia. Nama aslinya adalah Mamiek Podang. Ia merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Orang tuanya adalah Ranto Edi Gudel. Ayahnya adalah seorang pelawak dan juga seorang seniman yang dikenal sebagai pencipta lagu Anoman Obong. Ia adalah adik kandung dari penyanyi Didi Kempot.

Karir Mamiek di industri hiburan tanah air diawali dengan keterlibatannya dalam grup lawak Srimulat. Hidup di tengah-tengah keluarga seniman, Mamiek sukses dengan grup lawak Srimulat sejak tahun 1984 saat ia bergabung. Ciri khasnya adalah rambut bagian samping kiri dan kanan yang diberi cat coklat pirang. Selain sukses dengan grupnya Srimulat di dunia lawak, ternyata Mamiek juga memiliki bakat di tarik suara mengikuti jejak ayah dan kakak kandungnya. Mamiek diketahui memiliki sebuah studio musik dan ia pernah menyanyikan beberapa lagu bergenre campursari seperti Grojogan Sewu, Ora Tak Gagas dan Cidro. Mamiek mulai melebarkan sayap ke dunia layar lebar setelah membintangi film Kanan Kiri Ok (1989) dan Makelar Kodok (1989). Pada dua film tersebut ia mendapat peran sebagai pemeran pendukung.

Mengenai kehidupan asmara, Mamiek menikah dengan seorang perempuan asal Solo yang bernama Surani. Pernikahannya dengan Surani dikaruniai satu orang anak. Mamiek memilih jalan untuk poligami dengan menikahi istri keduanya yaitu Srikandi yang merupakan wanita dari Ngawi. Mereka dikaruniai satu orang anak. Mamiek menikah lagi dengan istri ketiganya yang bernama Ati drai Jakarta. Mereka dikaruniai tiga orang anak. Jadi total anak Mamiek dari ketiga istrinya adalah lima.

Sejak tahun 1999 sampai 2004 ia dipercaya oleh Suzuki Shogun sebagai model iklan. mamiek kembali muncul ke layar lebar dengan membintangi film komedi arahan Rully Manna yang berjudul Mas Suka Masukin Aja (2008). Ia juga membintangi film King (2009) dan berhasil masuk nominasi sebagai pemeran pembantu terbaik versi Piala Citra FFI tahun 2009. Ia juga bermain dalam film Finding Srimulat (2013) bersama anggota grup Srimulat lainnya. Sejak tanggal 3 Agustus 2013 Mamiek telah meninggal dunia karena penyakit liver.

Artist (3 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 25720) By Dewanti

Comments are closed.