Home » Profile » Mira Lesmana

Mira Lesmana

, - 6.036 Views

Profile

Mira Lesmana Filmography and Profile. Check out Mira Lesmana biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Mira Lesmana lahir pada tanggal 8 Agustus 1964 di Jakarta, Indonesia. Nama lengkapnya adalah Mira Lesmanawati. Ia merupakan kakak dari musisi Indonesia, Indra Lesmana. Mira adalah anak perempuan dari pasangan Jack Lesmana dan Nien Lesmana. Ayahnya merupakan seniman musik jazz dan ibunya adalah seorang penyanyi senior. Semua anggota keluarganya berdarah seni. Mira menyelesaikan pendidikan tingginya di Institut Kesenian Jakarta. Bekal ilmunya di IKJ mengantarkannya menjadi seorang produser film.

Debutnya di dunia film diawali dengan menjadi co-produser dalam film Ceh Kucak Gayo (1995). Sebelumnya Mira berkonsentrasi sebagai produser di perusahaan iklan. mira akhirnya mendirikan rumah produksi film Miles Production pada tahun 1996. Dalam film Kuldesak (1998) ia melibatkan dirinya sebagai sutradara, bukan lagi produser. Mira kembali menjadi produser pada film Petualangan Sherina (2000) yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero. Film tersebut sukses di pasaran dan membuat nama Mira menjadi populer. Selanjutnya ia menjadi produser untuk film Ada Apa Dengan Cinta? (2002) yang mengisahkan kehidupan asmara Rangga dan Cinta. Film ini sukses mendapatkan penghargaan Piala Citra FFI tahun 2004 sebagai film pilihan masyarakat.

Istri dari aktor Mathias Muchus ini semakin produktif dalam menggarap film-filmnya. Setelah menjadi co produser pada film Eliana, Eliana (2002), ia bersama Riri Riza menggarap sebuah film berjudul Rumah Ketujuh (2003) yang melibatkan Indra Birowo, Andhara Early, Gary Iskak dan Dewi Rezer sebagai bintangnya. Dalam film The Year of Living Vicariously (2005) ia bertindak sebagai produser eksekutif. Mira kembali sukses dengan film Gie (2005) yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Wulan Guritno. Film ini mendapatkan penghargaan berupa film bioskop terbaik dalam Piala Citra FFI tahun 2005.

Film lain yang diproduseri Mira adalah Garasi (2006) yang melibatkan Fedy Nuril dan tokoh jazz Syaharani. Ia kembali sukses dengan filmnya yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata yaitu Laskar Pelangi (2008) dan Sang Pemimpi (2009). Mira juga menjadi produser untuk film Sokola Rimba (2013) dan Pendekar Tongkat Emas (2014).

Producer (16 Movies)

Director (1 Movie)

Writer (8 Movies)

Nov 13, 2015 (ID: 7496) By Dory

Comments are closed.