Home » Profile » Nani Somanegara

Nani Somanegara

- 206 Views

Profile

Nani Somanegara Filmography and Profile. Check out Nani Somanegara biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Biography not available.

Nani Somanegara lahir pada tanggal 17 Juli 1937 di Bandung, Indonesia. Ia lebih akrab dipanggil dengan panggilan Nani. Lahir sebelum tahun kemerdekaan Republik Indonesia, membuatnya menjadi artis senior saat ini. Karirnya di dunia seni peran diawali dari dunia teater. Kemudian mulai tahun 1987 ia sering muncul di layar kaca televisi untuk memintangi film layar lebar.

Debutnya di dunia film adalah dengan membintangi film Kasmaran (1987). Dalam film yang disutradarai Slamet Rahardjo itu ia hanya menjadi pemeran pendukung. Namun di pengalamannya yang pertama, ia sudah harus beradu akting dengan Dwi Yan dan Nike Ardila. Kemudian ia membintangi film arahan Teguh Karya yang berjudul Pacar Ketinggalan Kereta (1988) yang era itu berhasil menyabet berbagai penghargaan. Dalam film keduanya, ia masih medapat tempat sebagai pemeran pembantu.

Nama Nani Somanegara semakin melejit setelah bermain dalam film Cas Cis Cus (1989) karya Putu Wijaya. Rekan akting dalam Cas Cis Cus adalah Lydia Kandau dan Ray Sahetapy yang merupakan pemeran utama. Meskipun berperan sebagai pemain pendukung tetapi Nani sempat masuk dalam nominasi sebagai aktris pembantu terbaik versi FFI tahun 1990. Ia akhirnya terpilih sebagai aris pemeran pembantu terbaik dalam pagelaran Festival Film Asia Pasifik pada tahun 1991. Nani juga berakting dalam film arahan Iwan Wahab yang berjudul Cintaky di Way Kambas (1990). Ia mendapat tempat sebagai pemeran utama dalam film Potret (1991) garapan sutradara Buce Malawau. Poret sukses masuk dalam berbagai nominasi dalam FFI tahun 1991.

Selanjutnya, film yang dibintangi Nani adalah Selembut Wajah Anggun (1992) yang juga melibatkan Paramitha Rusadi, Rano Karno dan Ayu Azhari sebagai pemainnya. Nani mulai merambah untuk bermain sinetron dengan membintangi sinetron laga kolosan yaitu Singgasana Brama Kumbara dan Tutur Tinular. Ia berhasil masuk dalam nominasi sebagai artis pembantu drama seri versi Piala Vidia tahun 1998 lewat sinetron Tutur Tinular. Ia juga membintangi sinetron Hanya Satu Mutiara dan berhasil mendapat penghargaan sebagai artis terpuji versi Festival Film Bandung 2000. Ia pun ikut terlibat sebagai pemeran pembantu dalam film Cintapucino (2007) karya Rudi Soedjarwo.

Artist (1 Movie)

Feb 25, 2016 (ID: 22516) By Dewanti

Comments are closed.