Home » Profile » Nova Riyanti Yusuf

Nova Riyanti Yusuf

- 562 Views

Profile

Nova Riyanti Yusuf Filmography and Profile. Check out Nova Riyanti Yusuf biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Nova Riyanti Yusuf lahir pada tanggal 27 Novembe 1977 di Palu, Indonesia. Ia lebih dikenal dengan Noriyu, yang merupakan singktan dari namanya panjangnya. Noriyu adalah anak terakhir dari empat bersaudara. Setelah lulus dari SMA Tarakanita I pada tahun 1995, ia langsung melanjutkan pendidikannya ke luar negeri yaitu ke The Writing School Singapura. Tidak lama di Singapura, ia kemudian tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran Umum Universitas Trisakti pada tahun 1995 dan lulus pada tahun 2002. Dua tahun setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan master ke Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan lulus pada tahun 2009. Kemudian meneruskan ke Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa.

Noriyu dikenal sebagai penulis, politisi dan aktivis. Sebagai seorang yang ahli di bidang kesehatan ia aktif dalam kegiatan sosial seperti program anti rokok yang telah digalakkan oleh Menteri Kesehatan RI. Karya-karyanya dalam bentuk tulisan juga banyak yang sudah dipublis dan diterbitkan sejumlah penerbit seperti novel Mahadewa Mahadewi (2003), Imipramine (2004) dan 3some (2005). Selain itu ia juga menulis novel yang diadaptasi dari film 30 Hari Mencari Cinta, Betina dan Garasi. Karyanya yang berbentuk essay juga tersebar dalam sejumlah koran dan majalah. Ia juga menulis esay untuk Djakarta Magazine secara rutin serta resensi musik dan film untuk sebuah web. Selain esay, karya lain Noriyu adalah cerpen.

Pada tahun 2005 dan 2008 kumpulan essaynya yang dirangkum dalam sebuah buku diterbitkan masing-masing oleh Gagas Media dan Gramedia Pustaka Utama dengan judul Libido Junkie: A Memoir for the Radicals dan Stranger Than Fiction: Cerita dari Kamar Jaga Malam. Pada tahun 2007 ia menulis skenario film Merah Itu Cinta (2007) yang disutradarai oleh Rako Prijanto.

Selain sibuk menulis dan aktif di berbagai kegiatan sosial, Noriyu juga sibuk dengan dunia politiknya. Ia pernah tampil di acara Barometer SCTV sebagai caleg DKI II dari Partai Demokrat pada tahun 2009. Noriyu juga dilantik oleh wakil ketua DRP RI msebagai Wakil Ketua Komisi IX. Pada tahun 2012 ia tergabung dalam organisasi sosial Asian Advisor Group for International Committee of the Red Cross (ICRC) atau Komite Palang Merah Internasional.

Writer (1 Movie)

Jul 24, 2015 (ID: 24482) By Dewanti

Comments are closed.