Home » Profile » Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara

Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara

- 5.027 Views

Profile

Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara Filmography and Profile. Check out Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara lahir pada tanggal 19 April 1979 di Jakarta, Indonesia. Ia terlahir dengan nama lengkap G. R. M Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara. Namun ia lebih dikenal dengan sebutan Paundrakarna atau Paundra. Ia adalah anak terakhir dari dua bersaudara . Orangtuanya adalah KGPAA Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri. Paundra merupakan cucu dari presiden pertama RI yaitu Ir. Soekarno. Tahun 1994 ia menuntaskan pendidikannya di SMA 1 Surakarta. Kemudian meneruskan ke Universitas Trisakti Jakarta dengan mengambil bidang desain grafis sesuai dengan cita-citanya. Tetapi setahun kemudian ia memutuskan untuk pindah ke Akademi Komunikasi Indonesia yang berada di Yogyakarta dan mendalami bidang broadcasting.

Di Indonesia Puandra dikenal sebagai aktor. Karirnya di dunia hiburan diawali dengan membintangi sebuah sinetron. Paundra yang merupakan keturunan ningrat melakukan debutnya di dunia seni peran dengan membintangi sinetron yang berjudul Saraswati. Setelah sukses dengan sinetron pertamanya, ia kembali mendapat tawaran untuk membintangi sinetron lagi. Ia memerankan tokoh Galih dalam sinetron keduanya yang berjudul Gita Cinta dari SMA. Sinetron tersebut diadaptasi dari film tahun 1970an yang dibintangi Rano karno dan Yessy Gusman. Sedangkan lawan Paundra dalam sinetron tersebut adalah Ratna Galih Primakusuma. Karena perannya sebagai Galih, nama Paundra menjadi populer di kalangan penikmat hiburan Indonesia.

Belum puas dengan dua sinetronnya, Paundra kembali berperan dalam sebuah sinetron yang berjudul Perempuan Pilihan. Ia juga terlibat dalam suksesnya sinetron Kucinta Dia. Tidak hanya sukses sebagai bintang sinetron. Paundra juga pernah menjadi bintang iklan. selain itu ia juga mempunyai bakat di dunia tarik suara. Album pertamanya dirilis pada tahun 2004 yang bertajuk Sebuah Awal. Salah satu lagunya yang menjadi hits adalah Galih dan Ratna yang merupakan soundtrack dari sinetronnya Gita Cinta dari SMA.

Selain lagi Galih dan Ratna yang merupakan ciptaan pamannya yaitu Guruh Soekarno Putra, ia juga membawakan lagu ciptaannya sendiri dalam album pertamanya yaitu La-la-la-ya Indahnya Dunia. Ibunya juga menyumbang satu lagu untuknya yang berjudul Dag Dig Dug. Selain dikenal sebagai aktor dan penyanyi, Paundra juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Solo yang berasal dari fraksi PDI Perjuangan.

Artist (1 Movie)

Aug 3, 2015 (ID: 24601) By Dewanti

Comments are closed.