Home » Profile » Sule

Profile

Sule Filmography and Profile. Check out Sule biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Sule lahir pada tanggal 15 November 1976 di Kota Cimahi, Jawa Barat, Indonesia. Nama lahirnya adalah Entis Sutisna namun, di dunia hiburan Indonesia ia lebih dikenal sebagai Sule. Sule telah menikah dengan seorang perempuan bernama Lina sejak tahun 1997. Mereka telah dikaruniai 4 orang anak yaitu Rizky Febian, Putry Delina, Rizwan, dan Ferdinan. Sule mengawali kariernya dengan bergabung dalam sebuah grup lawak bernama SOS bersama Obin Wahyuddin dan Ogi Suwarna. Bersama SOS, ia terpilih sebagai pemenang dalam ajang Akademi Pelawak Indonesia (API) 1 yang diselenggarakan oleh TPI (sekarang MNCTV). Kemudian bersama  SOS, ia mengisi dalam acara Saung SOS yang ditayangkan oleh TPI. Pada tahun 2005, ia membintangi acara Superstar Show bersama Jaja.

Berbagai acara televisi yang telah ia bintangi diantaranya Saung Sule (Trans 7), Komedi Putar (TPI), dan Opera Van Java (Trans 7) yang membawa namanya semakin dikenal publik. Acara Van Java juga dibintangi oleh beberapa pelawak lainnya seperti Andre Taulany, Parto Patrio, Nunung, dan Aziz Gagap. Pada tahun 2009, ia mulai melebarkan sayapnya di dunia perfilman dengan membintangi sebuah film layar lebar yang berjudul Janda Kembang (2009). Di tahun yang sama, ia juga mencoba peruntungannya di dunia tarik suara dengan mengeluarkan sebuah single berjudul Sinyal Cinta (2009). Pada tahun berikutnya, ia masih fokus dengan dunia tarik suara dengan dikeluarkannya beberapa single diantaranya Susis (Suami Sieun Istri), Prikitiew Bye Bye, Bola Salju, Be Happy, Putus Cinta, dan Salingkuh.

Pada tahun 2011, ia masih sempat membintangi film Arwah Kuntilanak Duyung (2011) serta mengeluarkan beberapa single yaitu Bibirmu Dower bersama grup SM#SH, Andeca Andeci bersama grup 7 Ikans, Cicilalang, dan Dadang Dudung. Di tahun yang sama ia juga terpilih sebagai Komedian Terfavorit dalam ajang Panasonic Gobel Awards 2011 dan terpilih sebagai Komedian Terfavorit juga dalam ajang Nickelodeon Indonesia Kids’ Choice Awards 2011. Selain menjadi komedian, penyanyi dan aktor, ia juga pernah menjadi bintang iklan untuk beberapa produk diantaranya Kartu XL, Kartu AS, Suzuki Titan, Carvil, E-Juss, Perment Mintz, Kapsul Aladina, Sharp Samurai, dan masih banyak lagi lainnya.

Sule juga pernah bermain beberapa judul FTV diantaranya Dadang Dudung, When Sule meet Sulis, Steven Cau I Love You, dan Sule Love Mimin. Selain itu, ia juga membintangi beberapa sinetron komedi diantaranya  Kawin Gantung The Series, Awas Ada Sule, Untung Ada Sule, dan Oesman. Beberapa acara televisi lain yang pernah ia bintangi adalah PAS Mantab (Trans 7), Ini Talkshow, Ini Sahur, Bukan Sekedar Wayang dan Comedy Night Live yang ditayangakn oleh NET. Sule juga pernah menjadi pemeran utama dalam film Sule, Ay Need You (2012) dan film Sule Detektif Tokek (2013).

Artist (3 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 26141) By Dewanti