Home » Profile » Tessy

Tessy

, - 1.847 Views

Profile

Tessy Filmography and Profile. Check out Tessy biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Tessy lahir pada tanggal 31 Desember 1947 di Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Nama aslinya adalah Kabul Basuki. Sebelum terkenal sebagai seorang pelawak di Indonesia. Artis yang akrab dengan sapaan Tessy itu adalah anggota KO TNI Angkatan Laut di wilayah Irian Barat selama tahun 1961 sampai 1963. Tetapi karena suatu alasan yang tidak diketahui, ia akhirnya mundur dari dunia militer.

Tiga belas tahun kemudian yaitu pada tahun 1979 Tessy bergabung dengan sebuah grup lawak di Surabaya. Nama grup lawak tersebut adalah Srimulat. Dalam grup lawak Srimulat ia sering berperan sebagai seorang banci dengan kosmetikya yang menor. Perannya sebagai banci justru membuat Tessy dikenal banyak orang. Beberapa tahun aktif di dunia komedi sebagai pelawak, ia mulai mencoba untuk melebarkan sayap ke dunia layar lebar. Debutnya dalam dunia layar lebar yaitu dengan membintangi film Gepeng Mencari Untung (1983). Dalam film perdananya ini, ia mendapatkan peran utama bersama pelawak lainnya seperti Asmuni dan Gepeng.

Pelawak yang sering mengenakan cincin akik ini menggunakan nama panggung Tessy karena anak perempuannya yang bernama Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik. Beberapa tahun sempat vakum di dunia film, nama Tessy kembali muncul dalam film horor Indonesia arahan Muchyar Syamas. Bersama Jojon dan Indra Birowo ia membintangi film Setannya Kok Beneran (2008) sebagai pemeran utama. Selanjutnya Tessy kembali membintangi film horor komedi Indonesia sebagai pemeran utama. Dalam film disutradarai oleh Dwi Ilalang itu ia terlibat akting dengan Syahrini dan Yurike Prastika. Ia juga terlibat dalam film karya Monty Tiwa berjudul XXL Double Extra Large (2009). Dalam film tersebut ia harus memerankan Kusnandar.

Kemampuan Tessy melawak sekaligus berakting semakin diminati oleh sejumlah produser film. Lagi-lagi ia membintangi film dengan genre komedi yaitu Susah Jaga Keperawanan di Jakarta (2010). Dalam film yang didistribusikan Sentra Film itu ia beradu akting dengan Masayu Anastasia dan Rifky Balweel. Bersama nama-nama pelawak lain seperti Trio Bajaj, Tarzan dan Yati Pesek, Tessy ikut meramaikan film horor komedi Penganten Pocong (2012) arahan Arie Aziz. Selanjutnya bersama grup lawaknya Srimulat, ia berakting dalam film Finding Srimulat (2013). Karir Tessy di dunia hiburan vakum setelah ia tertangap basah mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Aug 3, 2015 (ID: 25721) By Dewanti