Home » Profile » Upi Avianto

Upi Avianto

, , - 8.726 Views

Profile

Upi Avianto Filmography and Profile. Check out Upi Avianto biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Upi Avianto lahir pada tanggal 1 Januari 1970 di Jakarta, Indonesia. Upi, begitu sapaan akrabnya adalah seorang wanita yang berkecimpung di dunia perfilman tanah air. Nama Upi sering terlibat dalam film-film di Indonesia. Lebih tepatnya, ia selalu menjadi orang di balik layar. Karirnya di dunia layar lebar diawali sebagai penulis skenario. karya pertamanya diaplikasikan dalam film horor yang berjudul Tusuk Jelangkung (2003). Disusul dengan skenario film Lovely Luna (2004) dengan Lasja Fauzia Susatyo sebagai sutradaranya.

Upi mulai melebarkan sayap menjadi seorang sutradara lewat filmnya yang berjudul 30 Hari Mencari Cinta (2004). Ia juga bertindak sebagai penulis skenario dari film yang dibintangi Nirina Zubir tersebut. Selanjutnya ia menulis cerita untuk film Realita Cinta dan Rock’n Roll (2006) sekaligus berperan sebagai sutradara. Film yang dibintangi Herjunot Ali, Vino G Bastian dan Nadine Chandrawinata itu mendapatkan tanggapan positif dari para kritikus film. Kemudian ia menjadi sutradara dari film skenario yang ditulis oleh Melissa Karim yaitu Perempuan Punya Cerita (2007). Dalam film Coklat Stroberi yang dibintangi Nadia Saphira, Upi adalah orang di balik layar dengan perannya sebagai penulis cerita dan produser.

Tahun 2008, nama Upi masuk dalam nominasi best director dari beberapa ajang penghargaan film melalui filmnya yang berjudul Radit dan Jani (2008). Nominasi best director didapatkannya pada perhelatan FFI dan Independent Film Award 2008.  Dalam film ini lagi-lagi ia menunjuk Vino G Bastian selaku aktor utama. Film garapan Upi selanjutya adalah Serigala Terakhir (2009),bertindak sebagai sutradara sekaligus produser, film ini masuk dalam empat nominasi pada ajang Piala Citra FFI tahun 2009. Red CobeX (2010) adalah film komedi karya Upi Avianto yang berhasil masuk nominasi skenario terbaik dalam Piala Citra FFI 2010.

Upi kembali memposisikan dirinya sebagai produser dalam film horor yang melibatkan lima orang sutradara yaitu Hi5teria (2012). Ia juga menjadi sutradara dari pembuatan film horor psikologis Belenggu (2013) yang diperankan oleh Laudya Cynthia Bella dan Abimana Aryasatya. Dalam FFI 2013, ia bersama filmnya masing-masing masuk dalam nominasi penyutradara terbaik dan film terbaik. Bersama Rizal Mantovani, Upi terlibat dalam pembuatan film Princess Bajak Laut dan Alien (2014) sebagai sutradara.

Director (4 Movies)

Producer (4 Movies)

Writer (8 Movies)

Aug 3, 2015 (ID: 22528) By Dewanti