Home » Profile » Vety Vera

Vety Vera

, - 2.872 Views

Profile

Vety Vera Filmography and Profile. Check out Vety Vera biography, photo gallery, pictures, interviews, pics at Film Bor!

Vety Vera lahir pada tanggal 23 November 1973 di Tasikmalaya, Jawa Barat,Indonesia. Vety, begitu sapaan akrabnya. Ia adalah anak pertama dari dua bersaudara. Orang tuanya adalah H. Ibrahim dan Hj. Enok Emi. Adik kandungnya adalah Alam yang merupakan penyanyi dangdut. Alam terkenal setelah menyanyikan lagu berjudul Mbah Dukun. Tidak jauh-jauh dari adiknya, di Indonesia Vety dikenal sebagai penyanyi dangdut yang memiliki suara yang khas dalam melantunkan lagu-lagunya.

Vety mulai aktif di dunia hiburan khususnya di dunia industri musik dangdut pada tahun 1990-an. Suara emas Vety berhasil memukau seorang produser dan berhasil mengantar Vety ke dapur rekaman. Tidak tanggung-tanggung ia langsung merilis album pertamanya yang berjudul Si Ujang (1990). Tetapi album ini belum begitu banyak mendapat respon oleh penikmat musik dangdut di tanah air. Setahun kemudian Vety meluncurkan album keduanya, album ini mendapat respon positif di kalangan penikmat dangdut karena salah satu lagunya yang berjudul Sedang-Sedang Saja (1991). Lagu tersebut juga membuat nama Vety Vera menjadi populer. Bahkan di album keduanya itu Vety mendapatkan penghargaan berupa HDX Award dan berkesempatan untuk show ke lima negara di dunia seperti AS, Belanda, Ingggris, Perancis dan Hungaria pada tahun 1995.

Karena terlibat perjodohan, Vety menikah dengan seorang pria bernama Ronny Fathoni pada tahun 1996. Keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki yaitu Daffa Veron Abdala. Tetapi umur pernikahan mereka tidak panjang karena akhirnya harus bercerai pada tahun 2004. Dua tahun kemudian Vety memutuskan untuk membangun rumah tangga yang kedua kalinya dengan pria yang bernama Suparno. Mereka resmi menjadi suami istri sejak tanggal 15 Juli 2006.

Setelah sukses dengan lagu Sedang-Sedang Saja di album kedua, Vety kembali merilis album lagi yaitu Kok Masih Kurang, Kira-Kira Dong, Jakarta dan Kasihku, Repot Ganti Baju, Terus Terang Saja, Macho, Diraba-raba dan Gerimis. Vety sempat vakum di industri musik dangdut selama lima tahun terhitung setelah peluncuran album ke 11 miliknya. Kemudian ia kembali dan merilis albumnya yang ke 12 berjudul Suratan Cintaku (2005). Karena album tersebut Vety berhasil dinobatkan sebagai artis solo wanita terbaik versi AMI 2006. Vety juga terlibat dalam pembuatan album pertama Julia Perez, Mau Dong Ah! (2007) yaitu sebagai pencipta lagu.  Salah satu lagunya dibawakan Julia Perez pada film Susahnya Jadi Perawan.

Artist (1 Movie)

Aug 3, 2015 (ID: 22924) By Dewanti

Comments are closed.